Tips Perawatan Body Mobil Agar Tetap Mengkilap

Tips perawatan body mobil sama halnya dengan melakukan perawatan cat mobil. Bagaimanapun body mobil memang semuanya tertutup oleh cat. Agar body mobil terawatt dan tetap kinclong maka perlu dilkukan pencegahan agar catnya tidak kusam. Para pemilik mobil biasanya tidak memperhatikan hal ini dan sembarangan dalam memperlakukan mobil. Akibatnya banyak cat mobil yang terlihat kusam. Bahkan meski sudah dicuci juga tidak akan terlihat bagus. Hal ini terjadi akibat tidak hati-hati saat memarkirkan mobil. Terkadang justru pemilik mobil malas mencuci mobil, terutama saat musim hujan tiba. Alasannya karena saat musim hujan tiba mobil akan mudah kotor dan membuang waktu membersihkannya. Padahal jika lama tidak dibersihkan, kotoran pada mobil akan sulit dibersihkan di kemudian hari dan mengganggu cat.

Berikut ini adalah tips perawatan body mobil agar tetap mengkilap meski musim hujan.

1.     Cuci mobil secara berkala dengan shampoo khusus

Tips pertama untuk menjaga body mobil mengkilap adalah dengan mencucinya rutin. Jika musim hujan maka lakukan seminggu sekali. Gunakan shampoo khusus agar cat mobil tetap terjaga. Menggunakan sembarang sabun akan merusak cat mobil.

2.     Gunakan Kit

Selesai mencuci gunakan kit untuk membuat body mobil terlihat mengkilap. Mobil seperti baru kembali dengan warna cat yang terjaga.

3.     Lap setiap hari

Jika musim hujan kemungkinan setiap hari mobil akan kotor. Selain mencuci rutin setiap minggu mobil juga di lap setiap sore. Caranya basuh mobil dengan air lalu gunakan kain lembut untuk melap bagian yang kotor.

4.     Jangan parkir mobil di tempat panas

Sering memarkir mobil di tempat panas akan membuat cat mobil mudah pudar. Akibatnya warna cat mobil akan kusam.

5.     Hindari menggunakan sarung mobil saat masih basah

Mobil yang habis dicuci atau terkena hujan jangan langsung ditutup dengan sarung mobil karena bisa membuat cat mobil kusam.

Itulah beberapa tips perawatan body mobil agar tetap mengkilap. Tips perawatan mobil diatas sederhana dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Intinya tidak memarkir sembarangan dan rutin mencuci mobil dengan shampoo dan kit.