Alun - Alun Kidul Jogja
Wisata Malam Hari

Alun-Alun Kidul Jogja, Wisata Malam Yang Romantis

Alun-Alun Kidul Jogja, salah satu wisata malam jogja yang tidak ketinggalan untuk di kunjungi. Alun-alun ini menjadi primadonanya wisata malam di jogja, bagaimana tidak setiap malam ramai oleh pengunjung baik dalam kota maupun luar kota. Pada zaman kerajaan alun-alun menjadi ruang terbuka untuk bersosialisasi baik siang hari atau malam masyarakat sekitarnya. Nah, ternyata sampai sekarang alun-alun juga masih digunakan sebagai ruang berinterkasi.

Akses Menuju Alun-Alun Kidul Jogja

Untuk bisa sampai ke alun-alun jogja bukanlah suatu hal yang sulit seperti hanya muncak membutukan berbagai persiapan. Untuk sampai ke alun-alun kidul anda cukup menyediakan uang untuk transportasi. Jika anda sedang di Malioboro anda bisa langsung menuju alun-alun kidul dengan trasnportasi umum ataupun pribadi. Biasanya para wisatawan yang menggunakan bisa akan menyewa becak untuk sampai ke alun-alun.

Tempat mangkalnya becak biasanya di depan kantor pos, taman pintar dan sekitar jalan di Malioboro. Untuk sampai ke alun-lun kidul dengan menggunakan becak dari Malioboro membutuhkan waktu sekitar 15 menitan. Adapun tarif yang dipakai sekitar 15 ribun saja. Adapun rutenya jika anda dari Malioboro cukup lurus saja ke arah selatan yang akan menuju arah aun-alun utara.

Kemudian anda belok kiri atau ke arah timur, anda akan menumukan pertigaan pertama, silahkan anda belok kanan dan melewati lorong bentang keraton. Jadi anda jangan khawatir ke arus melewati terowongan benteng. Setelah itu anda belok kanan kemudian anda perempatan kecil ke empat. Nah sampailah anda ke alun-alun kidul, cukup mudah bukan. Akan lebih mudah lagi jika anda naik becak, tentunya anda tidak aka nyasar, karena abang becaknya sudah pasti mengetahuinya.

Harga Tiket Alun-Alun Kidul Jogja

Alun - Alun Kidul Jogja
Alun – Alun Kidul Jogja

Mengenai harga tiket masuk ke alun-alun anda jangan khawatir, anda akan masuk gratis. Hanya saja jika anda menggunakan kendaraan pribadi anda akan dikenai tarif untuk parkir. Tidak seperti kebanyakan wisata di kota lain. Di Yogjakarta ini masih ada berbagai wisata yang masuknya gratis. Hanya saja untuk konsumsi dan transportasinya saja membutuhkan dana. Alun-alun kidul biasa disebut sebagai Alkid oleh masyarakat sekitarnya.

Alun-alun di Yogyakarta ada dua yaitu alun-alun utara (lor) dan alun-alun selatan (kidul). Alun-alun lor ini digunakan untuk tempat tersedianya persyaratan yang berlangsungnya kekuasaan raja. Sedangkan alun-alun kidul ini digunakan sebagai kesatuan kerajaan dengan dunia luar. Alun-Alun Kidul Jogja juga digunakan untuk kesatuan sakral antara para bangsawan di sekitar keraton dengan raja.

Aktivitas Di Alun-Alun Kidul Jogja

Ada berbagai aktivitas yang bisa anda lakukan di alun-alun, apa saja itu? Berikut ini beberapa aktiviats yang bisa anda kerjakan.

  • Naik sepede hias

Salah satu hal yang menarik wisatawan lain unuk datang ke alun-alu kidul  di malam hari. Jika anda datangnya siang hari anda tidak bisa naik sepeda hias. Karena yang  menjadi daya tariknya yaitu warna-warni lampu dengan berbagai animasi. Ada yang menyerupai tokoh kartun dan ada juga yang mirip hewan. Untuk harga sewanya cukup 15 ribu sampai 30 ribuan untuk 3 sampai 4 kali putaran alun-alun kidul.

  • Masangin

Salah satu hal yang tidak asing di lakukan ole wisatawan yang berkunjung ke sana. Aktivitas ini berupa tantangan untuk berjalan melewati dua pohon beringin dengan menutup mata. Mitosnya jika anda berhasil melewatinya semua permohonan anda akan terkabul. Di sana sudah tersedia penjual kain penutup mata dengan harga 3 ribuan saja.

  • Melihat pertunjukkan wayang dan live concert

Alun-Alun Kidul Jogja juga sering digunakan untuk menggelar pertunjukkan wayang ataupun ataupun konser artis papan atas. Hal ini dikarenakan Alkid memang sudah menjadi tempat terkenal dimana-mana. Sudah banyak orang yang megetahuinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *