Tugu Jogja
Wisata Malam Hari

Wisata Malam di Tugu Jogja Asyik dan Romantis

Tugu Jogja menjadi icon kota Yogyakarta yang sudah terkenal dimana-mana. Tugu ini sudah memiliki usai 3 abad, tentunya tugu ini menyimpan banyak kenangan berharga. Tugu jogaj ini di bangun oleh sultan Hamengku Buwono I, yang merupakan pendiri keraton juga. tugu jogja ini juga menjadi garis Imaginer yang magis. Kenapa? Karena dapat menghubungkan antara gunung Merapi, laut selatan dan juga keraton jogja.

Jika anda perhatikan di keraton Yogykarta ke arah utara terdapat jalan Malioboro, Jalan Mangkubumi, Tugu jogja dan monumen Jogja kembali ( Monjali). Jika dilanjutkan ke arah lurusnya lagi akan sampai ke puncak gunung Merapi. Tugu ini menggambarkan tentang semangat melawan penjajah yaitu “Manunggaling Kawulo gusti”. Adanya semangat persatuan ini dapat dilambangkan dari tiang bangunan tugu berbentuk silinder atau gilig.

Tugu Jogja
Tugu Jogja

Tugu jogja memang tidak setinggi monas, namu tugu ini menjadi suatu monumen sentral. Tak pernah sepi pengunjung. Para wisatawan yang berkunjung ke jogja seperti mewajibkan untuk sekedar mengunjungi ataupun foto bersama teman-teman di dekat tugu. Arsiteknya tugu jogja itu menunjukkan “jogja banget” karena memang disesuaikan dengan budaya jawa yang masih kental. Budaya keraton yang masih menyatu dengan masyarakat sekitarnya.

Tugu jogja menjadi salah satu titik pusat wisata malam selain titik nol kilometre dan Malioboro. Para wisatwan lokal atau manca negara bisa menjadikan tugu jogja sebagai background foto. Selian itu anda juga bisa berkunjung ke toko-toko atau angkringan sekitar tugu untuk menikmati suasanya.

Akses Menuju Tugu Jogja

Lokasi tugu jogja berada di tengah perempatan jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan AM. Sangaji, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro. Untuk sampai ke tugu jogja sangat mudah. Karena memang Tugu Jogja ini berada di letak yang strategis untuk di jangkau. Dari arah manapun bisa asal menuju ke arah perempatan jalan yang sudah disebutkan tadi.

Harga Tiket Tugu Jogja

Untuk masuk ke Tugu jogja anda tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Hal tersebut dikarenakan tugu jogja terletak di public area, siapa saja dapat melihat ataupun selfie. Di siang hari mungkin anda akan sulit melihatnya dari dekat dikarenakan lalu lintas yang padat. Karena memang letaknya berada di perempatan jalan besar. Anda bisa melihatnya lebih dekat jika sudah larut malam tiba. Pemandangannya akan lebih indah karena di lengkapi dengan cahaya lampu malam yang terang.

Jika anda berkunjung ke Tugu Jogja ada berbagai fasilitas yang bisa anda dapatkan seperti halnya bangku yang berada di jalan Pangeran Mangkubumi, nasi gudeg, pos polisi, pertokoan dan becak yang sedang ngetem disekitar jalur parkir tempat kendaraan. Jika anda ingin berkeliling ke sekitar tugu anda bisa menyewa becak yang ada di sekitar jalan Pangeran Mangkubumi.

Aktivitas Di Tugu Jogja

Berbagai hal yang bisa anda lakukan di tugu jogja yaitu menyaksikan ramaianya lalu lalang kendaraan yang melewati tugu jogja. Karena letaknya sangat strategis dan memang menjadi pusat ramainya kota jogja baik siang atau malam di sekitar tugu jogja selalu ramai. Banyak kegiatan juga yang diselenggarakan di jalan Mangkubumi. Di sekitar Tugu jogja terdapat kantor kedaulatan rakyat. Biasanya di depan kantor tersebut banyak kegiatan.

Menikmati malam dengan berselfie bersama tugu jogja. Untuk wisatawan suatu kenangan berharga jika sudah memiliki foto dengan tugu jogja. Hal ini dikarenakan tugu tersebut menjadi icon jogyakarta. Bisa dijadikan kenangan di hari tua nanti, jika pernah berkunjung ke kota jogja. Spot foto yang bagus yaitu ketika larut malam. Saat itu Tugu Jogja sudah sedikit sepi oleh lalu lalang kendaraan. Dengan demikian anda bisa lebih bebas berekspresi ditemani dengan cahaya lampu malam yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *